Harley-Davidson adalah pabrikan motor Amerika yang ikonik.

Didirikan dari sebuah gudang kecil pada tahun 1903 oleh William S.

Harley dan saudara-saudara Arthur dan Walter Davidson di Milwaukee, Wisconsin.

Perusahaan Motor memproduksi sepeda motor cruiser tradisional yang menggunakan mesin V-Twin berpendingin udara.

Ketika Harley dan Davidson memproduksi dan menjual sepeda motor pertama mereka pada tahun 1903, mereka adalah salah satu dari banyak marque sepeda motor kecil yang bermunculan di seluruh negeri.

Berkedip maju lebih dari satu abad dan merek Harley-Davidson begitu mengakar dalam budaya Amerika sehingga sejarah perusahaan itu terkait dengan sejarah Amerika itu sendiri.

Harley-Davidson bergabung pada tahun 1907, dengan William Davidson secara resmi bergabung dengan dua saudara lelakinya dan Harley.

Berada di Milwaukee, Harley-Davidson mulai merekrut karyawan dan pada akhir dekade ini memproduksi sepeda menggunakan V-Twin 45 derajat berpendingin udara khasnya.

Selama dekade berikutnya H-D terus berkembang. Banyak penjualan dihasilkan oleh Paman Sam, dengan militer Amerika mencari sepeda motor Harley selama Perang Dunia Pertama.

Harley-Davidson

Sumber Gambar: otomagz.co.uk

Harley-Davidson memproduksi banyak sepeda motor untuk Amerika Serikat selama masa perang dunia.

Bar dan Shield terus tumbuh dan pada awal 30-an, satu-satunya saingan domestiknya yang masih hidup adalah India.

Lagi-lagi H-D berkembang di masa damai dan mendapati dirinya memproduksi sejumlah besar sepeda untuk militer Amerika selama Perang Dunia II.

Bahan pers Harley-Davidson mengutip produksi sepeda motor masa perang di 90.000 unit.

Perkembangan pasca perang Harley-Davidson meliputi pengenalan Sportster pada tahun 1957, model produksi tertua dalam jajaran H-D saat ini, serta model H-D khas lainnya.

Harley mengalami perubahan dalam kepemilikan di tahun 60-an, menjadi perusahaan publik pada tahun 1965 dan akhirnya bergabung dengan American Machine and Foundry (AMF) pada tahun 1969.

Penggantian Pemilik

Sumber Gambar: dhate.com

Penurunan kekayaan membuat AMF menjual sahamnya kembali ke kepemilikan saat ini, yang termasuk anggota keluarga pendiri, di awal 80-an.

Keterlibatan keluarga Davidson dalam menjalankan H-D sehari-hari terus berlanjut, dengan keturunan langsung Willie G. Davidson melayani sebagai Presiden Styling.

Tahun 80-an dan 90-an melihat pengenalan keluarga model yang berlanjut hingga hari ini, seperti garis Softail, FLT dan Road King, bergabung dengan model klasik seperti Electra Glide.

Pada tahun 90-an Harley-Davidson juga memperkuat cengkeramannya atas sepeda motor Buell, mengambil alih saham di pabrikan sepeda motor / sepeda jalan Amerika dan menjual sepeda motor Buell di banyak dealer H-D.

Sejak pergantian abad, Harley-Davidson telah mempertahankan citranya sebagai ikon Amerika klasik.

Tapi Motor Co menjangkau pengendara lain dengan memperkenalkan model yang lebih berorientasi pada kinerja, seperti V-Rod – signifikan sebagai Harley produksi cairan pertama yang didinginkan.

Seiring bertambahnya usia demografis, H-D juga menyadari bahwa ia harus masuk ke pasar yang lebih muda dengan merilis makeover edgier dari model klasiknya seperti Cross Bones dan anggota lain dari garis Dark Custom-nya seperti Iron 883.

Harley-Davidson juga telah bekerja keras untuk meningkatkan kualitas berkendara dari motor-motor turnya.

Tri Glide Harley Davidson

Sumber Gambar: pinterest.com

Pada tahun 2009, mobil ini menghilangkan frame satu bagian yang dicap dan dilas yang menambatkan Harley ke sepeda motor selama 30 tahun terakhir dan menggantinya dengan kerangka, tiang tunggal, kerangka tulang belakang yang kaku. Ini juga berjalan dengan swingarm yang lebih luas, lebih panjang.

H-D juga memperkenalkan sepeda motor roda tiga baru bernama Tri Glide yang memiliki gaya klasik dan fitur tur populer dari Ultra Classic Electra Glide terlaris.

Harley-Davidson juga menunjukkan apa yang dapat dilakukan dengan produk-produk dari katalog Genuine Motor Accessories dan Motor Parts yang luas dalam bentuk jalur CVO (Custom Vehicle Operations).

Sepeda motor CVO adalah model-model dari jajaran standar Harley yang telah menerima perlakuan mewah, seperti mesin Screamin ‘Eagle Twin Cam 110, cat khusus yang diperlihatkan dan kontrol serta komponen H-D rak atas.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *